21 Mobnas Dilelang Jadi 5 Paket, 11 Lainnya Lelang Satuan

21 Mobnas Dilelang Jadi 5 Paket, 11 Lainnya Lelang Satuan

DOK/RK : MOBNAS : Kabid Aset BKD Lebong, Rizka Putra Utama, M.Si meninjau langsung pengelompokan mobnas yang akan dilelang kedalam bentuk paket.--

RK ONLINE - Bidang Aset BKD Lebong mulai mempersiapkan rencana pelaksanaan lelang terhadap 32 unit mobil dinas (mobnas) milik daerah. Teranyar, mereka sudah mengelompokkan 21 unit mobnas yang akan dilelang ke dalam lima paket lelang. Satu peket terdiri dari 4 hingga 7 unit kendaraan. Sementara 11 kendaraan sisanya tetap dilelang satuan per unit. 

Kabid Aset BKD Lebong, Rizka Putra Utama, M.Si menjelaskan unit kendaraan yang digabung dalam paket lelang tersebut adalah kendaraan dengan nilai tawar rendah. Tujuannya untuk menghindari wanprestasi pemenang lelang yang pernah terjadi pada lelang-lelang sebelumnya yang pernah dilakukan Pemkab Lebong. Dengan sistem paket ini, otomatis jaminan penawaran peserta lelang cukup besar. Sehingga ada reskiko jaminan lelang diblokir, ketika pemenang lelang tidak mengambil kendaraan.

"Belajar dari lelang sebelumnya, ada beberapa unit mobnas yang tak ditebus karena pemenang lelang merasa harganya terlalu mahal. Dengan dibuat kedalam paket, maka 

jaminan penawaran akan semakin besar. Maka peserta lelang akan berfikir rasional saat melakukan penawaran karena ada resikonya, " kata Putra sapaan akrabnya. 

Dalam pelaksanannya, lelang akan dilakukan dengan metode e-auction open bidding. Artinya dilakukan tanpa adanya kehadiran peserta lelang. Peserta tetap bisa melihat nilai tawar dan mengikuti proses lelang melalui aplikasi e-lelang. Metode ini dinilai lebih efisien dan hemat biaya. Meski demikian Putra memastikan pihaknya akan membuka ruang seluas-luasnya bagi peserta lelang yang ingin melihat secara langsung kondisi kendaraan.

"Saat ini kami sudah mengelompokkan kendaraan, khususnya yang dilelang dengan sistem paket. Sehingga bisa mempermudah peserta lelang saat mengecek unit kendaraan, " tambahnya.

 

BACA JUGA:Tunggu Rekom KASN, Hasil Lelang JPTP Ditarget Bulan Ini Dilantik

 

Terkait penetapan jadwal lelang, lanjut Putra sudah dirapatkan bersama dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Provinsi Bengkulu yang dalam waktu dekat akan segera diumumkan. Mulai dari jadwal pendaftaran hingga pelaksanaan lelang.

"Nanti akan kami umumkan, sekitar satu seminggu kedepanlah, " singkat Putra.

Sumber: