Bantuan PJU Tenaga Surya Tak Kunjung Tiba

Bantuan PJU Tenaga Surya Tak Kunjung Tiba

DOK/RK : Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Rejang Lebong, Rachman Yuzir--

RK ONLINE - Bantuan Penerangan Jalan Umum (PJU) tenaga surya dari Kementerian Perhubungan untuk Kabupaten Rejang Lebong hingga kemarin (5/10) belum juga terealisasi. Awalnya bantuan 2.000 unit PJU tersebut bakal diterima Maret 2022 lalu namun terus molor hingga sekarang.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Rejang Lebong Ramhan Yuzir mengatakan pihaknya sudah beberapa kali melakukan koordinasi dengan Dishub Provinsi Bengkulu terkait bantuan tersebut. Terlebih bantuan itu akan disalurkan oleh Dishub provinsi.

"Kami sudah berulang kali mempertanyakan terkait bantuan tersebut kepada Dinas Perhubang Provinsi Bengkulu. Namun sampai saat ini belum ada kabar pasti terkait penyalurannya, " kata Rahman.

Diakuinya pihaknya sudah mengusulkan 2.000 unit PJU tenaga surya sesuai dengan kebutuhan setiap desa dan kelurahan yang tersebar di 15 kecamatan di Rejang Lebong. Bantuan tersebut awalnya diinformasikan direalisasikan secara bergiliran dengan kabupaten lainnya di Provinsi Bengkulu. Namun untuk Rejang Lebong saat ini belum juga diterima.

"Informasinya di Bengkulu Tengah sudah dibagikan beberapa waktu lalu, tapi kita belum juga, " lanjutnya. 

 

BACA JUGA:Juli, Lampu Penerangan Jalan Mulai Dipasang

 

Disisi lain, untuk tahun 2023 mendatang pihaknya juga mengusulkan anggaran untuk melakukan peremajaan tiang lampu jalan yang ada diwilayah perkotaan. Alasannya tiang lampu jalan diwilayah tersebut dinilai sudah tak layak.

"Tiang-tiang lampu jalan perkotaan sudah tidak layak lagi sehingga perlu pergantian dengan tiang lampu baru. Kondisinya tiang lampu sudah banyak keropos sehingga jika dibiarkan bisa membahayakan keselamatan pengguna jalan, " demikian Ramhan.

Sumber: