Tingkatkan Pengelolaan Sampah Pemkab Kepahiang Alokasikan Rp 1,2 M Anggaran ke DLH

Tingkatkan Pengelolaan Sampah Pemkab Kepahiang Alokasikan Rp 1,2 M Anggaran ke DLH

DOK/RK : Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kepahiang, Swifanedi Yusda, S.Hut--

RK ONLINE - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kepahiang mendapatkan penambahan anggaran senilai Rp 1,2 miliar, yang akan diperuntukkan Pemkab Kepahiang kepada peningkatan pengelolaan sampah.

Peningkatan pengelolaan sampah ini dilakukan melalui pengadaan 4 jenis armada angkutan sampah. Diantaranya pengadaan 1 unit Amrol, 1 unit kontainer, 2 unit carry (Kendaraan roda empat,red), serta 5 unit kendaraan roda tiga yang semuanya akan digunakan untuk armada angkutan sampah. Ini disampaikan Kepala DLH Kabupaten Kepahiang, Swifanedi Yusda, S.Hut Rabu (28/9).

Menurutnya, pengadaan armada angkutan sampah tersebut akan dilakukan Pemkab Kepahiang melalui Bagian Umum Setkab.

 

"Usulan penambahan armada angkutan sampah yang kita usulkan anggarannya diakomodir. Ada 4 jenis armada angkutan sampah yang total anggarannya Rp 1,2 miliar tapi pengadaannya ranah Bagian Umum. Paling tidak, penambahan armada angkutan sampah yang dianggarkan dari APBD.P TA 2022 ini dapat memaksimalkan penanganan sampah," kata Swifanedi.

Ia menjelaskan bahwa ketersediaan armada angkutan sampah yang ada saat ini hanya 8 unit yakni 1 unit amrol, 4 carry, 3 unit kontainer, 3 unit kendaraan roda tiga, dan 1 unit mobil skylife. 

 

Namun jumlah ini menurut Swi, masih memenuhi kebutuhan mereka dalam mengelola sampah. Karena jangkauan pengangkutan sampah yang cukup jauh dari desa-desa ke TPST, maupun dari tempat penampungan sampah sementara ke TPST.  

 

BACA JUGA:Gara – gara Armada, 5 Kecamatan “Ditinggalkan” DLH

 

"Karena keterbatasan dalam penanganan sampah masih kurang, itulah dasar kita mengajukan penambahan armada," ujar Swifanedi.

Namun usulan Dinas LH, lanjut Swifanedi pada Kementerian LHK tetap akan berlanjut, hal ini untuk menunjang tempat pengelolaan sampah terpadu masih sangat diperlukan. Yakni, seperti armada pengelolaan sampah, yaitu alat berat dan sejenisnya.

 

Sumber: