6 Desa Binaan

6 Desa Binaan

DOK/RK : Kadis Perpusda Muktar Yatib, S.Pd--

RK ONLINE - Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Perpusda) Kepahiang sejauh ini sudah memiliki 6 desa binaan perpustakaan berbasis inklusi sosial. Diantaranya Desa Tebat Monok, Desa Babakan Bogor, Desa Suro Muncar, Desa Air Sempiang, Desa Kelilik dan Desa Taba Padang. 

Dimana binaan yang dimaksud, desa-desa tersebut mendapatkan pelatihan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS). Ini dikatakan oleh 

Kepala Dinas Perpusda Kepahiang, Muktar Yatib,S.Pd melalui Kabid Layanan Perpustakaan, Sadikin, S.Pd Rabu (28/9). Menurutnya, pembinaan- pembinaan  yang dilakukan dapat menambah pengetahuan serta menambah semangat dan motivasi mengembangkan perpustakaan di masing-masing desa.

"Desa binaan ini mendapatkan pelatihan dan mensosialisasikan perubahan atau transformasi pemahaman masyarakat terhadap perpustakaan. Jika dulu  perpustakaan itu dianggap hanya tempat membaca, tempat menyimpan buku, lain halnya TPBS ini memberikan fungsi yang lebih," kata Sadikin.

 

BACA JUGA:Tingkatkan Transformasi Pelayanan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

 

Materi pembinaan yang sering diterapkan, ditambahkan Sadikin, seperti konsep serta strategi transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial. Dalam hal ini pula peran TPBIS mengembangkan program inklusi sosial, strategi promosi dan pemasaran, industri rumah tangga yang nyaman dan sinergisitas program pengembangan masyarakat desa melalui pemberdayaan masyarakat.

"Perpustakaan TPBIS diberikan bantuan seperti buku, PC komputer serta kelengkapan lainnya. Tahun depan daerah kita akan melakukan replikasi mandiri yang anggarannya diajukan melalui APBD, rencananya untuk 10 desa," tutupnya.

Sumber: