Peracik Desa Air Sempiang Menjadi Tujuan TP PKK Pusat

Peracik Desa Air Sempiang Menjadi Tujuan TP PKK Pusat

DOK/RK : KUNJUNG : TP PKK Kabupaten Kepahiang dampingi kunjungan PKK Pusat di Desa Air Sempiang.--

RK ONLINE - Kampung Tematik Desa Air Sempiang Kecamatan Kabawetan menjadi tujuan kunjungan kerja TP PKK Pusat yang diwakili Ketua Bidang III PKK Pusat, Ny. Aidariah bersama rombongan. Mereka mengunjungi Kampung Tematik untuk melihat Pemanfaatan Pekarangan Berciri Khas (Peracik) di desa setempat. 

Disampaikan Ketua TP PKK Kabupaten Kepahiang, Ny. Efie Muhafilah, ketersediaan bahan pangan dalam jumlah yang cukup dan berjangka waktu panjang menjadi prioritas Peracik. Pemanfaatan pekarangan rumah untuk melakukan budidaya tanaman pangan dapat dilakukan disamping mempercantik, membuat nyaman lingkungan, serta membantu memenuhi kebutuhan pangan rumah tangga.

"Tim Penggerak PKK Desa Air Sempiang telah membuktikan bahwa pemanfaatan pekarangan rumah dengan menanam apotik hidup serta budidaya tanaman pangan. PKK Kabupaten juga mendorong untuk selalu kreatif dan produktif menghasilkan sesuatu yang bernilai jual dan membantu menambah pendapatan keluarga, kesejahteraan keluarga, dan ketersediaan pangan bahan baku lokal," sampai Efie

Hal senada disampaikan Ketua Bidang III TP PKK Pusat, Ny. Aidariah. Ia menyampaikan selain untuk kebutuhan keluarga, pemanfaatan pekarangan rumah diharapkan dapat menjadi nilai tambah yang bernilai ekonomis untuk menunjang kebutuhan keluarga.

"Kita juga berharap melalui pemanfaatan lahan yang ada di lingkungan rumah dapat menambah penghasilan bagi warga. Peran dari pemerintah daerah dan desa juga menjadi faktor penting dalam kegiatan ini. Diharapkan juga program ini bukan hanya di desa ini saja, tapi dapat menular ke desa-desa yang lain," kata Aidariah.

 

BACA JUGA:INGAT! Wajib Mencakup Stunting

 

Sementara itu Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayattulah Sjahid, MM, IPU menyampaikan bahwa saat ini pemerintah daerah sudah melakukan kerja sama yang baik dengan TP-PKK Kabupaten Kepahiang. Kerja sama yang dimaksud dalam rangka mendukung 10 program pokok PKK. 

"OPD kita sudah bekerja sama dengan PKK sesuai dengan bidang/kelompo kerja PKK. OPD terkait diharapkan bisa mensukseskan 10 program pokok PKK yang bermuara ke kesejahteraan masyarakat kabupaten Kepahiang," singkat Bupati.

Sumber: