Kemenag Inisiasi Inovasi Platform 'Belajar Bersama ASN'

Kemenag Inisiasi Inovasi Platform 'Belajar Bersama ASN'

DOK/RK : INOVASI : Kemenag Kepahiang memperlihatkan Inovasi Peningkatan Layanan.--

RK ONLINE - Era digitalisasi membuat Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kepahiang menginisiasi pemanfaatan platform media sosial untuk meningkatkan inovasi. Yakni dengan memanfaatkan chanel youtube yang merupakan situs web berbagi video sebagai upaya percepatan layanan. Senin (12/9), Sub Bagian Kepegawaian dan Hukum Kemenag Kepahiang resmi meluncurkan chanel youtube 'Belajar Bersama ASN dan WhatsApp Pelayanan Langsung Kepegawaian'. 

Kakan Kemenag Kabupaten Kepahiang, H. Lukman,S.Ag MM melalui Kasubag TU, Abdullah, S.Ag menyampaikan, layanan di Kemenag Kepahiang bukan saja ditujukan kepada masyarakat tetapi juga pada layanan internal.

"Inovasi pemanfaatan chanel youtube belajar bersama ASN ini sebagai salah satu percepatan layanan, guna terlaksana manajemen kepegawaian dengan baik. Kemudian yang tidak kalah penting adalah peningkatan layanan melalui transformasi layanan era digital, sehingga diharapkan dapat memudahkan kepengurusan administrasi kepegawaian agar mendapatkan informasi tentang kepegawaian lebih mudah dan cepat," jelas Abdullah.

 

BACA JUGA:Dipangkas, Diakomodir Rp 400 Juta

 

Sejumlah layanan yang dapat dilakukan secara digital melalui platform itu, diterangkan Abdullah, antara lain izin cuti, usul kenaikan pangkat, usul pensiun, usul mutasi serta kepengurusan terkait dengan kepegawaian lainnya, ini dapat diusulkan ASN melalui WhatsApp. "Sedangkan chanel youtube memberikan informasi dan dapat memberikan kemudahan bagi pegawai dalam memperoleh informasi dan administrasi update tentang kepegawaian," papar Abdullah.

Disisi lain, Kantor Kemenag menurutnya terus melakukan perbaikan layanan kepegawaian, apalagi dengan jumlah ASN yang cukup banyak dengan rentang kendali yang panjang. Disamping peraturan kepegawaian yang terus berkembang, sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi Kemenag untuk memanfaatkan platform di era digital saat ini.

Sumber: