Siapkan Sarpras KTP Digital untuk Masyarakat

Siapkan Sarpras KTP Digital untuk Masyarakat

DOK/RK : Kadis Dukcapil Kabupaten Kepahiang, Ir. Nyayu Elia Hasanah, M.Si--

RK ONLINE - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) akan menerapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) digital terhadap masyarakat. Meski uji coba penerapan KTP digital baru diberlakukan pada ASN, hal itu sepenuhnya belum dilaunching.

Menurut Kadis Dukcapil Kabupaten Kepahiang, Ir. Nyayu Elia Hasanah, M.Si melalui Kabid Layanan Kependudukan, Oly Sitepeu, SH, saat ini pihaknya masih menyiapkan sarana dan prasarana. "Nanti akan dilaunching uji coba penerapan KTP digital yang dimulai terhadap ASN terlebih dahulu," singkat Oly.

Meski menerapkan KTP digital cukup bagi masyarakat yang memiliki smartphone atau android. Namun untuk menggunakan fasilitas digital ini, masyarakat wajib melakukan validasi data. Langkah pertama yang dilakukan adalah memiliki sarana dan prasarana penunjang, yakni mendownload aplikasi Identitas Kependudukan Digital Playstore. Selanjutnya memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), email, nomor handphone.

Setelah itu melakukan foto selfie dan registrasi. Kemudian meminta QR code yang ada di Dinas Dukcapil untuk disinkronkan. "Sarana prasarana yang dimaksud pada Dinas Dukcapil adalah untuk proses registrasi dan pembuatan KTP digital, ini sedang dalam persiapan," ujar Oly.

KTP digital, lanjut Oly sangat bermanfaat, masyarakat dapat menggunakannya hanya dengan membuka handphone, langsung tunjukan data KTP. Bahkan untuk keamanan datanya sudah dijamin oleh Dirjen Dukcapul Kemendagri RI. (rfm)

Sumber: