Masih Ada Vaksin Booster II Khusus untuk Nakes

Masih Ada Vaksin Booster II Khusus untuk Nakes

DOK/RK : Kabid P2P Dinkes Kabupaten Kepahiang, Wisnu Irawan, S.Kep, MM--

RK ONLINE - Pemerintah pusat masih terus memerangi serangan Covid-19 tidak terkecuali di Kabupaten Kepahiang. Jika sebelumnya vaksinasi yang didapatkan Tenaga Kesehatan (Nakes) dan masyarakat Kepahiang sebatas vaksin booster, terhitung 29 Juli lalu sudah ada vaksin lanjutan booster ke II. Hanya saja vaksin booster II ini baru dikhususkan untuk Nakes, belum untuk masyarakat. 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepahiang, H. Tajri Fauzan, S.KM, M.Si melalui Kabid P2P, Wisnu Irawan, S.Kep, MM menerangkan, pihaknya telah mendapatkan surat dari Dinkes Provinsi Bengkulu terkait vaksinasi booter II. Dengan itupula sejak 29 Juli lalu masing-masing pelayanan kesehatan di Kabupaten Kepahiang sudah bisa melakukan vaksinasi booter II. "Untuk vaksin booster II ini belum merambah ke masyarakat, baru khusus untuk kalangan Nakes di Kabupaten Kepahiang saja. Untuk pelaksanannya akan dilakukan bertahap. Diharapkan seluruh Nakes di Kepahiang bisa menerima vaksin booster II nantinya," kata Wisnu. 

Disampaikan Wisnu, Nakes yang mendapatkan vaksin booter II adalah Nakes yang sudah booster I dengan rentang waktu 6 bulan. Untuk saat ini, total Nakes di Kabupaten Kepahiang yang sudah bisa divaksin booster ada 936 orang. Sedangkan yang sudah mendapatkan booster I sebanyak 925. "Hanya menyisakan  beberapa Nakes lagi untuk 100 persen booster I. Untuk pelaksanaan vaksin booster II dilakukan di pusat layanan kesehatan masing-masing," papar Wisnu. 

Ditanya apakah nantinya booster II ini juga untuk masyarakat umum, Wisnu belum bisa memastikannya. "Apakah nanti bisa untuk masyarakat umum atau hanya untuk Nakes, itu belum belum pasti. Tapi kita tetap menyarankan masyarakat yang sudah mendapatkan vaksin dosis I dan II agar divaksin booster. Karena tujuan dari vaksin sendiri untuk kesehatan kita bersama," demikian Wisnu. (and)

Sumber: