Jumlah Mobnas Bakal Lelang Tunggu Tim Verifikasi

Jumlah Mobnas Bakal Lelang Tunggu Tim Verifikasi

DOK/RK : MOBNAS : Beberapa unit Mobnas yang masuk dalam daftar lelang sudah terparkir di halaman BKD Lebong.--

Bidang Aset Usulkan 43 Unit

RK ONLINE - Jumlah unit mobil dinas (mobnas) yang bakal dihapus dari daftar aset milik Pemkab Lebong akan diputuskan bersama oleh tim verifikasi. Hal tersebut disampaikan oleh Kabid Aset BKD Lebong, Rizka Putra Utama, SE, M.Si. 

"Ada 43 unit mobnas yang kami usulkan untuk dihapus dari daftar aset kepada tim verifikasi. Berapa yang disetujui tergantung dari hasil rapat bersama yang akan dilakukan nantinya, " kata Putra sapaan akrabnya.

Dari usulan yang mereka sampaikan, tim verifikasi masih akan melakukan kajian-kajian. Mulai dari segi teknis, umur, administrasi hingga dari segi ekonomis kendaraan.

"Berapa unit yang akan dilelang masih menunggu tim verifikasi bekerja dulu, " kata Putra. 

Dijelaskannya, awalnya ada 47 unit mobnas yang rencananya diusulkan untuk dihapus. Namun 4 unit diantaranya batal karena OPD pemilik mobnas melayangkan surat meminta agar penghapusan 4 mobnas tersebut ditunda karena dinilai masih dibutuhkan. Sehingga menyisahkan 43 unit lagi.

"Dari 43 unit tersebut yang kami usulkan untuk dihapus dengan cara lelang yaitu 41 unit. Sementara 2 unit lainnya dilakukan lelang khusus untuk eks bupati dan wakil bupati sebagai bentuk penghargaan daerah, " tambahnya.

Selain karena usia kendaraan yang sudah memenuhi syarat untuk dilelang, beberapa kendaraan diantaranya juga dalam kondisi rusak parah.

Sehingga lebih baik dilakukan penghapusan ketimbang memperbaikinya. Disisi lain dari proses lelang ini juga akan menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang ditarget lebih Rp 1 miliar.

"Kondisi kendaraan yang rusak tentu akan memperberat kondisi keuangan daerah jika ingin diperbaiki. Lebih baik dilakukan lelang yang bisa menghasilkan PAD, " demikian Putra. (skp)

Sumber: