Hanya Usulkan Rp 5 Miliar Untuk Perbaikan Jalan Provinsi

Hanya Usulkan Rp 5 Miliar Untuk Perbaikan Jalan Provinsi

DOK/RK : Plt Kepala Dinas PUPR Provinsi Bengkulu, Tejo Suroso--

RK ONLINE - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Bengkulu hanya mengusulkan anggaran perbaikan dan peningkatan jalan provinsi di seluruh kabupaten/Kota sebesar Rp 5 miliar pada APBD Perubahan 2022. 

Plt Kepala Dinas PUPR Provinsi Bengkulu, Tejo Suroso, SY, M.Si menyampaikan anggaran Rp 5 miliar nantinya akan disebar ke 9 kabupaten dan 1 kota, sehingga masing-masing wilayah akan mendapatkan alokasi anggaran kurang lebih Rp 500 juta.

"Kita sedang usulkan dalam APBD perubahan sekitar Rp 5 miliar yang akan dialokasikan per kabupaten sekitar Rp 500 juta, " kata Tejo, Rabu (3/8). 

Sementara itu, pada perbaikan ruas jalan Kota Bengkulu seperti di Kelurahan Hibrida yang saat ini terus dikeluhkan masyarakat karena  mengalami kerusakan, Tejo menyampaikan jika perbaikannya akan dimulai awal tahun depan.

Menurutnya kerusakan jalan sendiri disebabkan beberapa faktor. Namun faktor utama kerusakan jalan karena drainase yang sering tertutup atau tersumbat sehingga air tergenang dan merusak struktur ruas jalan saat kendaraan melebihi tonase lewat. Sehingga perbaikan jalan diutamakan memaksimalkan pembangunan drainase terlebih dahulu. 

"Jalan tersebut sudah dua kali diperbaiki, namun tetap saja air tergenang dan tonase kendaraan yang lewat berlebihan sehingga jalan kembali rusak. Jadi memang harus ada rekonstruksi dari kondisi ini," ujar Tejo. 

Perbaikan dan peningkatan jalan sendiri akan dimaksimalkan dalam anggaran dari APBD perubahan. Sedangkan pada APBD murni tahun 2022 telah terealisasi 100 persen. Realisasi ini dimaksimalkan untuk perbaikan dan pemeliharaan jalan sebelum hari raya Idul Fitri lalu. Sehingga sisa tahun 2022 ini PUPR fokus pada penambalan jalan berlubang maupun perencanaan saja. (gju)

Sumber: