Rejang Lebong Miliki 23 Desa Wisata

Rejang Lebong Miliki 23 Desa Wisata

DOK/Net : Ilustrasi Desa Wisata--

RK ONLINE - Hingga saat ini sudah ada 23 desa wisata yang terbentuk di Kabupaten Rejang Lebong. desa wisata tersebut tersebar di 9 dari 15 kecamatan.  Bahkan, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Rejang Lebong, M. Budiarto mengatakan saat ini sudah ada beberapa desa lainnya yang mengajukan diri untuk dibentuk sebagai desa wisata.

"Sudah ada usulan pembentukan desa wisata baru. Namun dari setiap usulan yang masuk harus dilakukan secara selektif sesuai dengan aturan. Jangan sampai setelah terbentuk, tapi konsep pengembangan desa wisata belum jelas, " ujarnya. 

Ditambahkannya, usulan pembentukan desa wisata harus diajukan ke Dispar. Jika segala persyaratan administrasinya dinyatakan lengkap baru selanjutnya diusulkan untuk dibuat Surat Keputusan (SK) bupati.

"Sebagian besar desa wisata di Rejang Lebong memanfaatkan potensi wisata alam. Seperti sungai, sumber air panas, air terjun hutan dan lainnya, " tambahnya.

Sementara itu, untuk mendukung pengembangan desa wisata yang sudah terbentuk, pihaknya telah melakukan pembinaan dan pelatihan kepada pengelola desa wisata. Hal tersebut sebagai penguatan dan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) serta tata kelola kepariwisataan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

"Tata kelola desa wisata ini sudah mulai kita arahkan kepada pengembangan potensi mereka sendiri seperti apa. Kemudian penguatan dikelembagaan termasuk personel di dalamnya. Kemudian rencana kerja dalam beberapa tahun ke depan seperti apa, semua ini butuh manajemen atau skill serta sumber-sumber pendanaan, " singkatnya. (cok)

Sumber: