Jemaah Tuntas Melaksanakan Rangkaian Haji di Armuzna

Jemaah Tuntas Melaksanakan Rangkaian Haji di Armuzna

ISI : Jemaah haji asal Kabupaten Kepahiang mengisi kegiatan selama di tanah suci Mekkah.--

RK ONLINE - 49 jemaah haji asal Kabupaten Kepahiang dipastikan sudah selesai melaksanakan rangkaian ibadah haji di Arafah, Muzdalifah. dan Mina sejak 12 Juli atau 13 Dzulhijjah, kemarin.

Dengan demikian seluruh rukun ibadah haji sudah dilaksanakan oleh jemaah. Ini disampaikan Kakan Kemenag Kabupaten Kepahiang, H. Lukman, S.Ag MH melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, Zulfakar Alamsyah, S.Ag.

Zulfakar mengatakan, jemaah yang sudah selesai melontar jumrah dan tawaf wada' maka mereka sudah menyelesaikan rukun Islam kelima. "Jemaah haji kita sudah menyelesaikan melontar jumrah pada terakhir 13 Dzulhijjah atau 12 Juli ini, semoga semua jemaah haji Kabupaten Kepahiang mendapat haji mabrur dan mabrurah," sampai Zulfakar.

Meski sudah melaksanakan serangkaian puncak ibadah haji, dijelaskan Zulfakar, setelah itu jemaah haji melaksanakan tawaf wada' yang merupakan rangkaian ibadah terakhir sebelum bersiap pulang ke Indonesia. "Setelah melontar jumrah dan tawaf wada' maka jemaah haji sudah menyelesaikan rukun Islam ke 5," sampai Zulfakar.

Dari Armuzna, dilanjutkan Zulfakar, jamaah haji Kabupaten Kepahiang akan bergeser ke Kota Makkah untuk melaksanakan rangkaian tawaf wada' di Ka'bah. Dia menjelaskan, tawaf wada merupakan tawaf perpisahan yang dilakukan ketika umat muslim telah melaksanakan rukun haji. (rfm)

Sumber: