Stock Menipis, Dinkes Kembali Ajukan Tambahan Vaksin

Stock Menipis, Dinkes Kembali Ajukan Tambahan Vaksin

DOK/RK : Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong Syafawi--

RK ONLINE - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong Syafawi mengatakan saat ini stok vaksin Covid-19 yang ada di gudang Dinkes tinggal sebanyak 2.000 dosis lagi. Terdiri dari vaksin merk Astra Zeneca 1.000 dosis, Moderna 400 dosis dan Sinovac 600 dosis. 

"Dengan stock vaksin yang tersisa tersebut sehingga perlu pengajuan kembali, untuk mengantisipasi penyuntikan vaksinasi selanjutnya, " ujarnya.

Menurut Syafawi, stok vaksin selama ini telah  didistribusikan ke 21 Puskesmas, RSUD Curup maupun untuk kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan pihak kepolisian maupun TNI di wilayah dan beberapa instasi lainnya. Untuk selanjutnya masih banyak kegiatan vaksin dan target yang akan dicapai kedepannya.  Baik untuk pemberian dosis satu, dua maupun booster ke Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu sehingga stok vaksin ini tidak mengalami kekosongan. " Untuk capaian vaksinasi yang dilaksanakan di Kabupaten Rejang Lebong saat ini untuk pemberian dosis satu sudah diikuti sebanyak 201.217 orang atau 92,36 persen dari target sebanyak 217.861 orang," terang dia.

Syafawi juga menambahkan untuk pemberian vaksin dosis dua sudah diikuti oleh 159.366 orang atau 73,15 persen dari target sasaran, serta vaksinasi dosis tiga atau booster baru diikuti sebanyak 35.730 orang atau 16,40 persen. Yang terdiri dari kalangan masyarakat petugas kesehatan, petugas publik, masyarakat lanjut usia (lansia), masyarakat rentan dan umum serta kalangan remaja.

"Kami mengimbau kepada masyarakat  yang belum menjalani vaksinasi Covid-19 baik pemberian dosis satu, dosis dua serta booster agar segera mengikutinya di gerai vaksin yang terdekat sehingga bisa menciptakan kekebalan komunal,"akhir Syafawi.  (cok)

Sumber: