Kerahkan Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban

Kerahkan Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban

DOK/RK : CEK : Petugas kesehatan hewan mengecek kesehatan hewan ternak. --

RK ONLINE - Pemerintah Kabupaten Kepahiang melalui Dinas Pertanian mulai mengerahkan tim pemeriksa kesehatan hewan kurban jelang Idul Adha 2022. Hal ini dilakukan untuk memastikan hewan kurban yang disembelih berada dalam keadaan sehat dan sesuai syariat Islam.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan, S.PKP mengatakan, pemeriksaan sudah mulai dilakukan sejak H-10 Idul Adha bersamaan dengan dilaksanakannya vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) khusus sapi-sapi sehat dan diprioritaskan adalah sapi kurban.

"Semua bekerja sama dalam satu tim untuk memastikan ratusan hewan kurban yang tahun ini akan dipotong dalam kondisi sehat," sampai Hernawan.

Selain itu, dijelaskan Hernawan, tim juga melakukan penanggulangan PMK yang terus dilakukan setiap hari pihaknya memvaksin hewan- hewan yang sehat dan mengobati hewan yang sakit. Sekarang, 50 persen lebih sudah sembuh dari 48 kasus PMK di Kabupaten Kepahiang. Tersisa ada 22 kasus yang saat ini dalam penanganan dan tahap pengobatan.

"Tingkat kesembuhan naik dan partisipasi masyarakat juga sangat baik, obat-obatan pada hewan juga diberikan, sehingga diharapkan dalam waktu dekat penyakit ini bisa diselesaikan," singkat Hernawan. (rfm)

 

Sumber: