Siapkan Pemeriksaan Hewan Kurban

Siapkan Pemeriksaan Hewan Kurban

DOK/RK : Wakil Walikota Bengkulu, Dr. Dedy Wahyudi, SE, MM--

RK ONLINE - Mendekati Idul Adha 1443 Hijriah atau hari raya kurban, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bengkulu akan memberikan layanan pendampingan pemeriksaan hewan kurban. Ini untuk memastikan hewan kurban sehat dan layak ditengah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang saat ini terjadi.

"Kami mengintruksikan Dispangtan untuk mendampingi atau memantau tempat pemotongan hewan kurban. Hal ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan lantaran hewan yang terkena PMK cukup beresiko bagi manusia jika dikonsumsi dengan cara yang tidak benar," kata Wakil Walikota Bengkulu, Dr. Dedy Wahyudi, SE, MM, Rabu (29/6).

Dispangtan juga bisa memberikan pendampingan kepada masyarakat yang hendak melakukan pemotongan kurban saat hari raya kurban. Dalam pendampingan tersebut sebelum dipotong hewan kurban akan diperiksa oleh petugas untuk memastikan kondisi hewan kurban layak atau tidak. 

Ia juga mengimbau kepada para peternak hewan untuk segera memisahkan hewan ternaknya apabila ada yang sudah terjangkit PMK dan tidak menjualnya ke masyarakat apalagi untuk kurban.

"Peternak harus memisahkan ternak yang sakit. Karena untuk hewan kurban, tidak bisa dikurbankan apabila mengindap sedikit penyakit apalagi PMK," singkat Dedy. (gju) 

Sumber: