Antisipasi e-KTP Palsu, KPU Libatkan Dinas Dukcapil

Antisipasi e-KTP Palsu, KPU Libatkan Dinas Dukcapil

RK ONLINE - Usai melakukan verifikasi adminiatrasi terhadap dukungan e-KTP bakal Pasangan Calon (Paslon) Edi Sunandar - Ice Rakizah, KPU Kepahiang akan melanjutkan ketahapan varifikasi faktual.

Guna mengantisipasi adanya dukungan e-KTP palsu, KPU melibatkan Dinas Dukcapil Kepahiang sesuai saran yang disampaikan Kejari Kepahiang dalam rapat FKPD yang dilaksanakan belum lama ini.

Komisioner KPU Kepahiang, Jumat (28/02/20) Supran Efendi, S. Sos. I, M. Pd mengatakan, dukungan e-KTP Paslon independent akan disinkronisasikan terlebih dahulu dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pileg 2019 lalu. Selanjutnya disinkronisasikan dengan DP4 tahun 2020 dari Kemendagri. Baca juga : Dukungan Edi Sunandar-Ice Rakizah Mulai Diverifikasi

"Kalau ternyata dari DPT dan DP4 dukungan KTP tidak terlacak, maka akan disinkronisasikan dengan Dukcapil Kepahiang. Kita mendapatkan saran dari Kejari supaya untuk mengantisipasi dukungan KTP palsu," kata Supran.

Dirinya meyakini, dengan sinkronisasi yang dilakukan terhadap DPT 2019 lalu, DP4 dan Dukcapil dukungan e-KTP akan bisa terlacak. "Hanya saja sebelum menuju verifikasi faktual kita lihat dulu hasil verifikasi administrasi yang sedang dilakukan sekarang ini. Karena hasil verifikasi adminitrasi inilah akan dilakukan verifikasi faktual dengan cara sensus penduduk," demikian Supran. Pewarta : Efran Antoni Editor     : Candra Hadinata 

Sumber: