Jelang Nataru, Disperkop UKM Kepahiang Awasi Penyaluran Gas Elpiji 3 Kg

Minggu 27-10-2024,11:23 WIB
Reporter : Reka Fitriani
Editor : Hendika

Radarkepahiang.id - Pemerintah Kabupaten Kepahiang melalui Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM meningkatkan pengawasan penyaluran gas bersubsidi LPG 3 Kilogram di daerah ini.

Hal ini guna mengantisipasi kelangkaan gas bersubsidi itu menjelang hari besar keagamaan Natal dan Tahun Baru, gas bersubsidi tersebut dikhawatirkan langka pada tiap-tiap hari besar keagamaan.

BACA JUGA:Dikbud Kepahiang Siapkan Sarpras dan Jaringan Internet Jelang ANBK

BACA JUGA:Pemkab Kepahiang Jamin Bakal Permudah Urusan Pernikahan dan Administrasi Kependudukan

Organisasi perangkat daerah terkait khawatir terjadinya penyelewenangan hingga permainan di lapangan yang menyebabkan kelangkaan sehingga masyarakat sulit mendapatkannya. Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Jan Johanes Dalos, S.Sos melalui Kabid Perdagangan Abdullah, SE mengatakan pengawasan tersebut dilakukan secara rutin, yaitu dengan melakukan inspeksi mendadak dua kali dalam sebulan, guna memastikan penyaluran dan pasokan gas subsidi tersebut tersedia dan tercukupi.

 

"Sesuai dengan komitmen kita, bahwa setiap dua kali dalam sebulan kita turun ke lokasi untuk melakukan pengawasan penyaluran distribusi gas LPG di Kabupaten Kepahiang.Ini guna mengantisipasi terjadinya permainan ataupun mengantisipasi kelangkaan ditengah masyarakat," jelas Abdullah.

BACA JUGA:Pemkab Kepahiang Anggarkan Rp 1 Miliar untuk Kegiatan Normalisasi Drainase

BACA JUGA:Bawaslu Minta Hibah Kantor, Begini Jawaban Pemkab Kepahiang

Ia menyampaikan kuota LPG 3 kilogram pada tahun 2024 sangat mencukupi, sehingga dipastikan ketersediaan gas kebutuhan masyarakat Kabupaten Kepahiang tersedia.

Lebih lanjut, kata Abdullah untuk memastikan pendistribusian LPG 3 Kilogram berjalan aman dan lancar, dia memaparkan bahwa ada dua agen yang menyalurkan gas LPG 3 kilogram bersubsidi di Kabupaten Kepahiang, yakni agen MKA sebanyak 73.300 tabung dan agen MBS sebanyak 41.440 tabung, data ini per Oktober 2024.

BACA JUGA:Lahan Puncak Mall Belum Tercatat KIB Aset Pemkab Kepahiang

BACA JUGA:Maksimalkan Pengawasan Produk Halal, Kemenag Kepahiang Gandeng Dinas Perdagangan

"Pasokan distribusi gas LPG 3 Kilogram ini sebenarnya cukup untuk daerah, namun terkait dengan terjadinya kelangkaan yang sering kali terjadi kita tidak tahu penyebabnya. Makanya petugas pengawas perdagangan terus melakukan pengawasan," tutup Abdullah.

Kategori :