Implementasi Satu Data Indonesia, BPS Perkuat Kapasitas Statistik Sektoral

Kamis 24-10-2024,16:17 WIB
Reporter : Reka Fitriani
Editor : Hendika

Radarkepahiang.id - Bertempat di Aula Command Center, Pemkab Kepahiang bersama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kepahiang menggelar kegiatan Evaluasi Data Daerah Dalam Angka Tahun 2024, Kamis 22 Oktober 2024.

 

Dalam pelaksanaannya, Kepala BPS Kepahiang, Khomarudin, menegaskan pentingnya peran BPS dalam Sistem Statistik Nasional. 

BACA JUGA:Tunggu Izin Perneferi, RSUD Kepahiang Siapkan Layanan Hemodialisa

BACA JUGA:Satuan Pendidikan Madrasah di Kepahiang Uji Coba ANBK

Dirinya menuturkan terkait pentingnya meningkatkan Indeks Pembangunan Statistik (IPS) sebagai salah satu indikator kinerja utama (IKU) Bupati Kabupaten Kepahiang.

 

"Data yang akurat dan berkualitas sangat dibutuhkan untuk mendukung perumusan kebijakan yang tepat," ujar Khomarudin.

BACA JUGA:Panja DPRD Kepahiang Final Bahas Soal Kode Etik, Ini Hasilnya!

BACA JUGA:Parkir di Teras Aroma Bakery, Aksi Curanmor Terekam CCTv!

Senada dengan Kepala BPS, Kepala Dinas Kominfosantik Kepahiang, Dicky Iswandi, ST juga menyampaikan pentingnya kolaborasi dalam menghasilkan data yang berkualitas. Diskominfo, sebagai walidata, berperan penting dalam merancang dan merangkum daftar data yang telah dibakukan.

 

"Kami akan terus memfasilitasi penyebarluasan data dan metadata di portal Satu Data Indonesia (SDI) melalui website data.kepahiangkab.go.id," tambah Dicky.

 

Sementara itu Bupati Kepahiang, Dr. Ir. H. Hidayattullah Sjahid, MM, IPU dalam arahannya, menyebutkan bahwa peningkatan nilai IPS Kabupaten Kepahiang pada tahun 2024 menjadi bukti nyata dari komitmen pemerintah daerah dalam membangun statistik sektoral.

Kategori :