Lakukan Penanganan Stunting, KUA Muara Kemumu Siapkan 4 Strategi Ini

Rabu 23-10-2024,12:27 WIB
Reporter : Jimy Mahendra
Editor : Hendika

Radarkepahiang.id - Berbagai cara Pemerintah melakukan upaya penanganan stunting, upaya tersebut dilakukan dengan cara menggandeng lembaga vertikal. Yakni, Kantor Urusan Agama Kecamatan Muara Kemumu melakukan upaya penanganan dan pencegahan stunting.

Stunting adalah permasalahan nasional yang memerlukan peran serta setiap pihak terkait untuk menyelesaikannya. Salah satu pihak yang memiliki peran sangat penting adalah Kantor Urusan Agama dan khususnya dalam hal ini adalah penghulu yang memiliki pengaruh dan peran strategis di masyarakat. 

 

Sehubungan dengan peran strategis tersebut maka penghulu dan kepala KUA yang juga merupakan pejabat penghulu telah menyusun beberapa langkah strategis dalam mencegah stunting.

BACA JUGA:3 Unsur Pimpinan DPRD Kepahiang Segera Dilantik, Ini Jadwalnya!

BACA JUGA:Warga Kecamatan Merigi Setubuhi Anak Bawah Umur Penyandang Disabilitas

"Pertama, peningkatan kapasitas penghulu dengan menambah wawasan dan literasi. Dalam peningkatan kapasitas ini penghulu KUA Kecamatan Muara Kemumu harus senantiasa aktif mengikuti pelatihan terkait baik yang dilaksanakan oleh asosiasi atau instansi dan membaca literasi yang ada," jelas Kepala KUA Muara Kemumu Anton Mediansyah, S.H.I., M. H.

 

Dijelaskan Anton kedua, optimalisasi sarana program Kementerian Agama Republik Indonesia. Sarana Program tersebut antara lain adalah Bimbingan Remaja Usia Sekolah (BRUS) , Bimbingan Remaja Usia Nikah (BRUN) , Bimbingan Perkawinan (BIMWIN). Ketiga, sinergi dan kolaborasi lintas sektoral. kegiatan akan rutin dilaksanakan bersama pemerintah kecamatan, desa dan tenaga kesehatan yang akan dilaksanakan minimal satu bulan sekali. 

BACA JUGA:Jangan Lakukan Hal Ini Sebelum Masuk Ruangan Ujian SKD CPNS 2024, Ada Sanksi Menanti!

BACA JUGA:Terlambat Hadir Saat Ujian SKD, Sanksi Ini Menanti Peserta CPNS

"Keempat, memanfaatkan teknologi digital dan media sosial. Di era digital saat ini salah satu langkah cepat dan mudah dalam menyebarluaskan informasi adalah dengan memanfaatkan media sosial baik Facebook atau media sosial lainnya yang telah dimiliki KUA," ujar Anton.

 

Empat hal tersebut diatas adalah langkah strategis dan konkret yang akan dilaksanakan oleh KUA dalam hal ini Penghulu KUA Kec. Muara Kemumu dan yang terpenting juga bahwa akan dilakukan monitoring dan evaluasi terkait langkah yang telah disusun tersebut.

 

Kategori :