KUA Bermani Ilir Tekan Kasus Stunting Pakai Cara Ini!

Senin 14-10-2024,11:48 WIB
Reporter : Jimy Mahendra
Editor : Hendika

Radarkepahiang.id - Kantor Urusan Agama Kecamatan Bermani Ilir berupaya menekan angka stunting di wilayah tugasnya. Ini merupakan program yang ditekankan oleh Kantor Kementerian Agama Kepahiang, dimana masalah stunting tidak hanya dilakukan dengan cara aksi namun juga sosialisasi dan edukasi yang menyentuh langsung kepada masyarakat.

 

Yakni, terhadap calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan, agar mengetahui dan mengimplementasikan pencegahan stunting terhadap keturunannya nanti. Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada balita akibat kurang gizi dalam jangka waktu lama, paparan infeksi berulang, dan kurang stimulasi. 

BACA JUGA:Indonesia Jadi Sorotan Dunia, Begini Dampak Kontroversi Wasit Ahmed Al-Kaf!

BACA JUGA:Ini 2 Gedung yang Memenuhi Syarat Debat Publik Calon Bupati dan Wakil Bupati Kepahiang

"Stunting dipengaruhi oleh status kesehatan remaja, ibu hamil, pola makan balita, serta ekonomi, budaya, maupun faktor lingkungan seperti sanitasi dan akses terhadap layanan kesehatan. Sosialisasi dan edukasi ini disampaikan kepada calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan," sampai Kepala KUA Bermani Ilir Ali Akbar, SH MHi.

 

Dijelaskan Ali Akbar, dalam bimbingan perkawinan Kantor Urusan Agama Bermani Ilir menyampaikan materi berkaitan dengan pemberantasan stunting sangat perlu disampaikan kepada calon pengantin.

BACA JUGA:Gelar Rakercabsus, PDI Perjuangan Satu Suara Menangkan Nata-Hafizh Dalam Pilkada 2024

BACA JUGA:Melalui LP2B, Dinas KPP Kepahiang Dapat Usulkan DAK TA 2025

"Kita mengingatkan akan pentingnya dalam rumah tangga mempersiapkan kesehatan keluarga, mulai dari pola makan sehat, berada pada lingkungan sehat, karena itu semua akan berpengaruh terhadap keturunan mereka, sebab jika itu semua diabaikan, dikawatirkan akan dapat melahirkan generasi tidak sehat sampai kepada stunting yang saat ini sedang menghantui," jelas Ali Akbar.

 

Disisi lain, lanjut Ali Akbar bahwa semua calon pengantin dibekali pengetahuan tentang hal ini, sebab selain ini merupakan salah satu tugas yang melekat pada jajarannya, kata Ali Akbar hal ini juga penting dalam rangka mempersiapkan generasi emas dimasa yang akan datang.

BACA JUGA:Perbaikan Pipa Butuh Anggaran Banyak, PDAM Bergantung Pada Pemkab Kepahiang

BACA JUGA:Tekan Angka Stunting, Ini Program Strategis KUA Muara Kemumu

Kategori :