Ini 6 Makanan Khas 17 Agustus Paling Enak, Jarang Ditemukan!

Jumat 09-08-2024,13:21 WIB
Reporter : Reka Fitriani
Editor : Hendika

Nasi Tutug Oncom sangat identik karena nasi dengan aroma khas. Diolah dengan cara diaduk dengan oncom hitam, bawang putih, kencur dan cabai. Kuliner khas Sunda ini, sudah sering disajikan untuk peryaan pesta. Bahkan Nasi Tutug Oncom ini merupakan makanan khas 17 Agustus saat merayakan kemerdekaan RI.

 

3. Bandros 

Bandros merupakan kuliner yang terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut dan santan. Biasanya makanan khas Indonesia ini, dihidangkan dengan taburan gula pasir dan cocok dinikmati dengan teh atau kopi. 

Banyak pedagang menjual kue yang berbentuk melengkung dengan ketebalan 2 cm ini dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI. Sebagai makanan khas 17 Agustus, biasanya Bandros sering ditemukan di sekeliling kompleks perumahan dan pusat keramaian atau pusat perbelanjaan.

 

4. Nasi Tumpeng Merah Putih 

Nasi tumpeng merah putih tidak jauh berbeda dengan nasi tumpeng kuning. Perbedaannya hanya warna dan jenis nasi yang digunakan. Kuliner ini menggunakan nasi merah dari beras merah yang ditempatkan di atas nasi putih. Hal ini menggambarkan bendera Indonesia yang berwarna merah dan putih.

 

Itu juga yang kemudian membuat nasi tumpeng merah putih ini, menjadi salah satu makanan khas 17 Agustus yang sering kali ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. 

BACA JUGA:6 Fakta Tersembunyi Tentang Kemerdekaan RI Tahun 1945, Soekarno Sakit Malaria!

BACA JUGA:Fakta Tersembunyi: Sejarah 17 Agustus Berikut Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 1945

5. Ayam Tuturuga 

Ayam Tuturuga adalah olahan ayam khas Manado. Makanan khas ini mempunyai penyajian yang mirip dengan opor. Diolah dengan mencampurkan daging ayam dengan bumbu pedas. Rasanya yang pedas mengigit lidah, cocok dinikmati dengan nasi hangat.

Ayam Tuturuga ini pula merupakan makanan khas 17 Agustus dan sering kali ditemukan saat momen merayakan kemerdekaan RI. 

 

Kategori :