Manfaat Olahraga Kardio, Mampu Menurunkan Berat Badan dan Kesehatan Tubuh

Jumat 15-12-2023,13:07 WIB
Reporter : Dicky Pratama
Editor : Hendika

Dr. Gontang menekankan bahwa olahraga kardio tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan, tetapi juga membantu mencegah berat badan kembali naik setelah penurunan berat badan.

BACA JUGA:Tetap Olahraga di Sela Kesibukan, Ini 7 Gerakan Ringan Yang Wajib Dilakukan

Penting untuk mencatat bahwa hasil optimal dapat dicapai dengan menggabungkan olahraga kardio dengan pola makan sehat. Michael Fredericson, direktur pengobatan dan rehabilitasi di Universitas Standford, menyarankan, "Jika mencoba menurunkan berat badan, Anda harus melakukan kardio setidaknya lima hari dalam seminggu, dan membatasi jumlah kalori dalam makanan kita."

 

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS merekomendasikan setidaknya 150 menit per minggu aktivitas fisik dengan intensitas sedang. Meskipun ini memberikan manfaat signifikan, Fredericson mencatat bahwa orang yang melakukan aktivitas fisik intensitas sedang selama 75 menit per minggu juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan kanker.

 

Dengan demikian, olahraga kardio bukan hanya tentang menurunkan berat badan, tetapi juga memberikan manfaat luar biasa dalam meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Rutinitas olahraga kardio yang sesuai dengan rekomendasi CDC, dipadukan dengan pola makan sehat, dapat menjadi kunci untuk mencapai hasil yang optimal.

BACA JUGA:Penelitian Terbaru: Mana yang Lebih Penting Sarapan Pagi atau Olahraga Pagi?

Kategori :