SOP dan Pemahaman Dasar yang Penting Saat Mengemudikan Mobil Matik

Rabu 01-11-2023,07:00 WIB
Reporter : Dicky Pratama
Editor : Hendika

SOP dan Pemahaman Dasar yang Penting Saat Mengemudikan Mobil Matik

RK ONLINE - Mengemudikan mobil transmisi matik memang terkesan sederhana, hanya melibatkan dua pedal, yaitu gas dan rem. Namun, kemampuan mengemudi yang baik dan benar tetap diperlukan.

 

Salah satu kesalahan yang masih sering terjadi adalah penggunaan dua kaki untuk mengoperasikan pedal. Roslianna Ginting, Training Director dari The Real Driving Center (RDC), menjelaskan bahwa meletakkan kedua kaki pada pedal tidak disarankan karena dapat menimbulkan situasi yang tidak diinginkan.

 

"Demi keselamatan, terutama bagi mereka yang terbiasa mengendarai mobil manual dengan kaki kiri yang berfungsi untuk pedal kopling, cara operasinya berbeda," ujar Roslianna.

BACA JUGA:Cuaca Panas Berdampak pada Kesehatan Mobil, Ini yang Wajib Diperhatikan!

 "Dalam situasi panik, kemungkinan besar akan terjadi kesalahan injak gas atau rem secara full. Hal ini dapat dihindari dengan menjaga konsentrasi pada jarak dan situasi sekitar, sehingga pengemudi dapat mengamati dengan cermat dan merespons dengan benar saat diperlukan." Lanjutnya.

 

Oleh karena itu, mengemudikan mobil matik bukan hanya sekadar kemampuan teknis, tetapi juga pemahaman mendasar tentang cara mengemudi yang baik dan aman. Sony Susmana, Training Director dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), menggarisbawahi pentingnya pengemudi mobil matik memiliki pengetahuan tentang operasional dan perawatan kendaraan.

 

"Pengemudi pemula harus memahami dan terampil dalam menjalankan SOP yang benar. Kesalahan sederhana seperti keliru injak gas saat yang seharusnya rem bisa berakibat fatal," ungkap Sony.

BACA JUGA:Filter Bensin Mobil Kotor, Apakah Cukup Dibersihkan Saja atau Harus Diganti Baru? Ini Penjelasannya!

Selain itu, Sony menyarankan agar pengemudi pemula sebaiknya tidak langsung mengemudikan mobil matik di jalan raya, karena kecelakaan bisa sangat berbahaya jika pengemudi belum memahami seluk-beluk operasional mobil. "Penting bagi pengemudi untuk memahami setiap aspek operasional yang aman dari A hingga Z," tambahnya.

 

Kategori :