View Tower Layak Dirobohkan

Selasa 31-01-2023,11:01 WIB
Reporter : Gatot Julian
Editor : Andi Jamhari

RK ONLINE - Bangunan View Tower setinggi 45 meter yang berfungsi sebagai tempat memantau tsunami yang berada di Lapangan Merdeka Kota Bengkulu layak dirobohkan.

 

 

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Bengkulu, Tejo Suroso mengatakan, bangunan View Tower dinyatakan layak dirobohkan sesuai dengan kajian yang telah dilakukan berbagai pihak, baik dari dinas PUPR atupun pihak terkait lainnya.

 

 

Hasil kajian atau kesimpulan akhir untuk membongkar atau merobohkan View Tower tersebut diantaranya melalui analisa aturan penerbangan, analisa situs dan cagar budaya, analisa hasil FGD dengan pemuka adat dan BMA Provinsi Bengkulu, analisa konstruksi dan sipil, analisa sosial kultural, analisa keamanan serta analisa kawasan perkotaan.

 

 

"Studi kelayakan yang sudah dilakukan itu dinyatakan harus dibongkar karena memang kondisinya sudah tidak layak. Kita bisa lihat sendiri secara visual saja sudah keliatan itu sudah rusak, apalagi di dalam bangunan. Memang jika struktur bawah bangunan sih masih kuat, tapi struktur atas dengan kondisi saat ini sudah tidak layak untuk dipertahankan dan membahayakan, sudah seharusnya di robohkan," kata Tejo.

 

BACA JUGA:Dewan Tolak View Tower Dirobohkan

 

 

Ia menambahkan, untuk perobohan dan pembongkaran view tower ini dirinya belum bisa memastikan kapan bisa dilakukan, hal ini lantaran membutuhkan proses yang panjang dan membutuhkan koordinasi pihak terkait lainnya.

Kategori :

Terkait

Selasa 31-01-2023,11:01 WIB

View Tower Layak Dirobohkan