Disparpora Bakal Tambah Jumlah Desa Wisata

Senin 23-01-2023,15:28 WIB
Reporter : Eko Hatmono
Editor : Andi Jamhari

RK ONLINE - Untuk memasimalkan promosi daerah di sektor wisata, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Lebong berencana akan menambah jumlah desa wisata yang ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK) bupati. 

 

 

Kabid Pariwisata Disparpora Lebong, Agus Supriadi, SE mengatakan hingga saat ini tercatat sudah ada 27 desa wisata yang terbentuk di Kabupaten Lebong. Jumlah itu akan ditambah tahun ini. Bahkan sudah ada beberapa desa yang ditarget untuk dibentuk menjadi desa wisata.

 

 

Diantaranya seperti Desa Sungai Lisai Kecamatan Pinang Belapis dengan kearifan lokal yang dimiliki, Desa Semelako II Kecamatan Lebong Tengah dengan wisata kolam pemandian air panas, Desa Ketenong I dengan Air Terjun Dewa Ain dan Desa Sungai Gerong Kecamatan Amen dengan wisata persawahan dan desa lainnya. "Semuanya tergantung dengan kesiapan desa itu sendiri, " kata Agus.

 

 

Ia menambahkan untuk tahun 2023 mendatang pihaknya juga sudah menyiapkan anggaran tersendiri untuk melakukan pembinaan terhadap desa-desa wisata yang sudah terbentuk. Langkah itu juga sekaligus untuk mendata jumlah desa wisata yang aktif dan mana desa wisata yang jalan ditempat.

 

 

"Dalam mempercepat pembangunan desa wisata, masing-masing desa bisa memanfaatkan Dana Desa (DD) yang mereka terima dan itu diperbolehkan, " tambahnya.

 

 

Kategori :