Implementasikan Satu Data Indonesia

Rabu 07-12-2022,10:59 WIB
Reporter : Reka Fitriani
Editor : Andi Jamhari

RK ONLINE - Kepala Dinas Kominfo Persandian dan Statistik Kabupaten Kepahiang, Dicky Iswandi, ST mengatakan bahwa, dalam mensukseskan Satu Data Indonesia di Kabupaten Kepahiang, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus besinergi.

 

Menurutnya, dalam hal ini Dinas Kominfo adalah wali Satu Data Indonesia Kabupaten Kepahiang. Dikatakannya, saat ini dukungan aspek regulasi dan kelembagaan sudah terbentuk Peraturan Bupati (Perbup) terkait dengan pembentukan forum satu data yang sudah terbentuk.

 

"Artinya kualitas data dan prinsip data sudah terpenuhi, mengenai hal ini diperlukan sinergai dan kolaborasi seluruh organisasi perangkat daerah," sampai Dicky.

 

Dinas Kominfo, lanjut dikatakan Dicky, memiliki peran paling vital yakni sebagai wali data yang bertugas untuk mengumpulkan semua data dari produsen data. Data tersebut harus memenuhi prinsip satu data, seperti standar data, meta data dan bisa dibagi pakaikan.

 

BACA JUGA:Hanya 2 UPK yang Masih Aktif Bergulir

 

"Yakni bertugas memastikan data yang akan dibagi dicek validitas dan kualitas prinsip satu datanya. Oleh karena itu seluruh OPD harus berkolaborasi dalam hal memberikan data dengan kualitas dan validitas yang baik," jelasnya.

 

Untuk diketahui, Satu Data Indonesia dinilai sangat penting lantaran banyak hal yang mengalami tumpang tindih data. Pertama, belum adanya standarisasi yang kuat dan solid dalam data, imbasnya terdapat data yang tidak lengkap, NIK tidak lengkap, penerima bantuan tidak disertai NIK, hingga kurangnya pemutakhiran terhadap data lokasi domisili.

Kategori :

Terkait

Kamis 04-08-2022,16:39 WIB

Implementasikan Kebijakan SDI