Hipertensi Banyak Diidap Masyarakat

Rabu 09-11-2022,10:54 WIB
Reporter : Reka Fitriani
Editor : Andi Jamhari

RK ONLINE - Penyakit jantung dan pembuluh darah merupakan masalah utama kesehatan. Bahkan hipertensi menjadi penyebab kematian nomor satu dunia setiap tahunnya. Hipertensi merupakan salah satu penyakit kardiovaskular yang paling umum dan paling banyak diidap masyarakat.

 

Menanggapi ini, Direktur RSUD Kepahiang, dr. Febi Nursanda berbagi tips guna mencegah penyakit hipertensi dengan menjaga pola hidup sehat sehari-hari.

 

Menurutnya, hipertensi diderita manusia dapat berasal dari pola hidup atau makanan bahkan karena faktor keturunan. Hipertensi juga dapat menyebabkan kematian secara langsung maupun tidak langsung. Yang menjadi pemicunya adalah pecah pembuluh darah ataupun stoke. 

 

"Jauh sebelum tingginya konsumtif daging-dagingan, trend penyakit yang diderita masyarakat adalah hipertensi. Namun pada dasarnya hipertensi bukanlah semata dikarenakan oleh konsumsi daging-dagingan tapi juga karena pola hidup maupun faktor keturunan," jelas Febi.

 

BACA JUGA:Disalurkan Lewat Rekening

 

Untuk mengendalikan hipertensi agar tidak membahayakan kesehatan, diterangkan Febi, pola hidup sehat yang dianjurkan untuk mencegah dan mengontrol hipertensi adalah makan makan bergizi seimbang, pembatasan gula, garam, serta berlemak. Selanjutnya olahraga teratur, stop merokok serta menghindari mengkonsumsi alkohol.

 

"Pencegahan dan pengendalian hipertensi supaya tidak membahayakan kesehatan adalah dengan menjaga pola hidup sehat dengan berolahraga, mengurangi rokok, pola tidur, dan emosional yang menjadi pemicu tekanan darah tinggi. Bila tidak dijaga, beberapa hal-hal yang dapat berdampak pada kesehatan yang mengarah pada kematian, seperti pecah pembuluh darah dan stoke," papar Febi.

Kategori :