RK ONLINE - Dalam upaya meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat secara optimal, Dinas Perpustakaan Provinsi (DPK) Bengkulu melaui Bidang Pengelolaan Kearsipan meluncurkan pelayanan kearsipan, Selasa (1/11).
Kepala DPK Provinsi Bengkulu, Meri Sasdi, M.Pd yang membuka sekakigus melaunching langsung pelayanan kearsipan mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan merupakan salah satu bentuk keseriusan pihaknya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Serta mewujudkan pengoptimalan pengelolaan arsip di wilayah Bengkulu.
"Undang-undang nomor 43 tahun 2009 tentang Kearsipan, didalamnya memaparkan beberapa jenis pelayanan yang harus dimiliki daerah baik itu pengelolaan kearsipan dinamis, kearsipan statis, hingga informasi kearsipan. Sehingga kenapa kita launching layanan ini, tentunya supaya kita serius dalam memberikan pelayanan kearsipan," kata Meri.
Ia menambahkan, layanan kearsipan menjadi salah satu sektor penting karena di dalamnya menyangkut berbagai aspek seperti bagaimana kita mengetahui sejarah bangsa ini, silsilah bangsa, juga perjuangan pejuang bangsa. Semua hal tersebut tercatat melaui berbagai bentuk baik rekaman, foto, dokumen dan sebagainya.
"Dengan layanan kearsipan ini, sudah dipersiapkan arsip dalam bentuk digital atau e-arsip, datanya sudah ada. Sehingga jika mau mencari arsip yang dibutuhkan tinggal mengklik saja maka akan muncul dalam bentuk digital arsip, ini tentunya sangat membantu," papar Meri Sasdi.
Lebih lanjut, tentunya pelayanan ini masih tahap awal dan masih ada kekurangan. Untuk itu Meri Sasdi meminta jajaran ASN DPK Provinsi Bengkulu untuk terus melakukan pembenahan diiringi dengan inovasi yang lebih baik lagi.
"Mari kita para ASN berinovasi. Kita harus maju dan inovasi launching tadi merupakan salah satu cara untuk maju dan mengikuti perkembangan zaman yang lebih baik lagi. Dan sekali lagi saya sampaikan apresiasi dan penghargaan yang luar biasa bagi kita semua, keluarga besar DPK Provinsi Bengkulu tak terkecuali para ASN kita yang diberikan amanah," pungkasnya.
BACA JUGA:Gelar Sosialisasi, DPK Provinsi Bengkulu Tingkatkan Kompetensi Pustakawan
Sementara Itu, Kepala Bidang Pengelolaan Kearsipan DPK Provinsi Bengkulu, Ibrahim Daud memaparkan, Pelayanan Kearsipan merupakan salah satu layanan inovasi terbaru yang digagas pihaknya untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat atau pemustakan untuk mendapatkan layanan kearsipan yang dibutuhkan.
"Masyarakat yang ingin meminjam atau membaca arsip akan dilayani secara langsung oleh petugas, tidak seperti sebelumnya. Petugas akan mencarikan arsip yang dibutuhkan, sehingga pemustaka tidak perlu mencari sendiri dan hanya menunggu saja di ruang baca," kata Ibrahim.
Namun jika nantinya pemustaka ingin menggandakan atau meminjam arsip yang ada tentunya ada mekanisme perizinan lainnya untuk melakukan hal tersebut. Tetap semuanya akan dilayani dengan baik oleh petugas.
"Tempat pelayanan kearsipan juga tertata, diruang baca arsip didalamnya terdapat katalog manual maupun katalog secara digital. Jika masyarakat atau pemuastaka mau meminjam akan mengisi formulir dan lainnya. Tentunya pelayanan ini terus kami evaluasi dan perbaiki dalam upaya mengoptimalkan pelayanan," singkat Ibrahim.