Disdikbud Tunggu Surat Resmi Pusat

Sabtu 29-10-2022,14:59 WIB
Reporter : Reka Fitriani
Editor : Andi Jamhari

RK ONLINE - Pemerintah Kabupaten Kepahiang hingga saat ini belum merilis jadwal resmi terkait dengan jadwal tahapan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru TA 2022. Hal itu disebabkan belum mendapat surat resmi dari pemerintah pusat.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kepahiang, Nining Fawely Pasju, S.Pt, MM Jum'at (28/10).

Disadur dari laman resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), pemerintah membuka rekrutmen PPPK guru tahun ini dengan memprioritaskan beberapa kategoru pelamar. Seperti peserta PPPK guru yang telah memenuhi nilai ambang batas atau passing grade.

Adapun seleksi pendaftaran seleksi PPPK guru tahun ini dilakukan melalui portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) milik Badan Kepegawaian Negara (BKN) yakni sscasn.bkn.go.id. "Terkait seleksi tahapan PPPK guru di Kabupaten Kepahiang kita masih menunggu surat resminya," kata Nining.

Untuk diketahui alur rekrutmen PPPK guru dapat diikuti oleh 4 kategori pelamar yakni P1, P2, P3, dan umum. Pelamar Prioritas 1 (P1) merupakan peserta yang telah mengikuti seleksi PPPK untuk JF Guru Tahun 2021 dan telah memenuhi Nilai Ambang Batas, tapi belum mendapatkan penempatan.

 

BACA JUGA:Berpeluang Ikut Seleksi PPPK

 

Pelamar Prioritas 2 (P2) merupakan THK-II yang tidak termasuk dalam THK-II pada kategori pelamar prioritas I. Pelamar Prioritas 3 (P3) merupakan Guru non-ASN yang tidak termasuk dalam Guru non-ASN kategori pelamar prioritas I di satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah dan memiliki keaktifan mengajar minimal 3 tahun atau setara dengan 6 semester pada Dapodik.

Pelamar Umum terdiri atas lulusan PPG yang terdaftar pada database kelulusan Pendidikan Profesi Guru di Kemendikbudristek dan pelamar yang terdaftar di Dapodik. "Sementara total formasi untuk PPPK Guru daerah sebanyak 463, terkait seleksinya nanti akan mengikuti alur rekrutmen," demikian Nining.

Kategori :

Terpopuler