Pemdes Diminta Maksimalkan Potensi Desa

Jumat 21-10-2022,13:17 WIB
Reporter : Reka Fitriani
Editor : Andi Jamhari

RK ONLINE - Banyak sumber daya desa yang dapat ditingkatkan potensinya dalam rangka mendorong serta memaksimalkan ketahan pangan. Seperti disampaikan Camat Tebat Karai, Renal Saputro, Sp saat mengisi Bimtek Ketahanan Pangan, Hewani dan Nabari di Desa Taba Santing pada Kamis (20/10) kemarin.

Beberapa diantaranya, dijelaskan Renal, masyarakat dapat memanfaatkan lahan untuk budidaya tanaman guna menjaga ketahanan pangan. Kemudian memanfaatkan lahan dengan peternakan, seperti yang dilaksanakan desa setempat yakni ternak itik. "Salah satu upaya dalam menjaga ketahanan pangan adalah ternak itik ini, kemudian budidaya tanaman lainnya," kata Renal.

Selain itu, dalam rangka menekan biaya produksi pertanian, dijelaskan Renal masyarakat petani dapat membuat pakan ternak dan pupuk organik sendiri. Ialah mengolah pakan ternak, misalnya dengan memanfaatkan bahan baku yang ada di sekitar.

 

BACA JUGA:Data 3.200 Pelaku UMKM Diserah ke Bank

 

"Menekan biaya produksi peternakan dan pertanian dapat dengan mengolah pakan ternak sendiri, seperti sisa nasi, dedak atau sekam padi," ujar Renal. Dengan kemandirian itu, dijelaskan Renal dapat menekan pembiayaan bagi masyarakat petani peternak. Termasuk penggunaan pupuk, masyarakat masih tergantung dengan pupuk kimia dibandingkan organik.

Kategori :

Terkait

Terpopuler