Regsosek, BPS Sasar Rumdin Wabup

Selasa 18-10-2022,10:05 WIB
Reporter : Jimmy Mayhendra
Editor : Hendika

RK ONLINE - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu, Selasa 18 Oktober 2022 menyambangi Rumah Dinas (Rumdin) Wakil Bupati Kepahiang, H. Zurdi Nata, S.Ip.

 

Tidak lain, kedatangan rombongan pejuang data ini adalah untuk mencatat data Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) Wabup beserta keluarga.

 

Kepala BPS Kabupaten Kepahiang, Ir. Arbi menjelaskan bahwa pendataan Regsosek ini dilakukan untuk menangkap dinamika perubahan kesejahteraan masyarakat, sebagai data rujukan untuk integrasi program perlindungan sosial dan pemberdayaan ekonomi, serta peningkatan pelayanan publik. 

 

Tidak hanya menyasar pejabat Pemkab, namun ini juga berlaku untuk seluruh masyarakat Indonesia termasuk Kabupaten Kepahiang.

 

"Jadi Regsosek ini adalah intruksi dari presiden RI secara langsung. Satu data Indonesia yang tujuannya adalah sebagai data rujukan guna peningkatan pelayanan publik," ujar Abi.

 

BACA JUGA:Regsosek, Masyarakat Harus Jujur

 

Lebih lanjut Arbi menjelaskan bahwa dalam pendataan ini, BPS akan mencatat seluruh informasi dari masyarakat secara rinci. Diantaranya informasi kondisi sosial ekonomi, termasuk status kesejahteraan, seperti kondisi sosio ekonomi demografis, kondisi perumahan, kondisi sanitasi air bersih, kepemilikan aset, kondisi kerentanan kelompok penduduk khusus, informasi kependudukan, informasi geospasial dan lansia.

 

"Sebetulnya pendataan akan kita lakukan ke bupati twrlebih dahulu, namun karena beliau sedang ada pekerjaan di luar kota sehingga wabup menjadi pejabat pertama yang kita data. Namun nanti pendataan akan terus berjalan, petugas akan tetap meradar setiap harinya hingga ke pelosok kabupaten," lanjutnya.

Kategori :

Terpopuler