Kembangkan Hortikultura

Jumat 19-08-2022,11:23 WIB
Reporter : Reka Fitriani
Editor : Andi Jamhari

RK ONLINE - Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang melalui Bidang Hortikultura mendorong masyarakat dapat memanfaatkan lahan tidur untuk ditanami jenis tanaman hortikultura. Pemanfaatan lahan tidur tersebut bertujuan dalam rangka mendongkrak produktivitas pertanian dan memanfaatkan potensi daerah. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan, SPKP melalui Kabid Hortikultura, Budi, Sp.

Dijelaskan, tanaman jenis hortikultura ini merupakan budidaya yang cepat panen dalam kurun waktu 120 hari. Meski begitu, dari data yang dimiliki pihaknya, banyak pula lahan tidur yang belum digarap maksimal oleh petani, yakni sekitar 1.432 Ha. Potensi tersebut terus dimaksimalkan, mengingat kata Budi banyak bantuan hortikultura yang dialokasikan pemerintah pusat untuk daerah, seperti bibit bawang putih, bawang merah, jahe, cabai dan kentang.

"Kita berharap potensi lahan produktif untuk ditanami budidaya hortikultura ini dapat dimaksimalkan oleh masyarakat penggarapannya, melalui BPP dan penyuluh pertanian kita terus mendongkrak penguatan pertanian dengan budidaya hortikultura yaitu tanaman yang cepat panen," jelas Budi.

Budi menjelaskan, potensi lahan yang dapat ditanami hortikultura ini merupakan lahan yang sebelumnya produktif ditanami komoditas perkebunan maupun persawahan. Sebenarnya, kata Budi, setelah panen produksi pangan, petani bisa menggarap lahannya dengan jenis tanaman hortikultura lainnya.

"Penggarapan lahan sawah jadi tanaman hortikultura bisa dilakukan oleh petani pasca panen padi, saat lahan kosong petani bisa menanam jenis sayur-sayuran, sehingga lahan tidak dibiarkan kosong," papar Budi.

Metode multitanam tersebut lanjut Budi terus digalakkan oleh pihaknya, sehingga pemanfaatan lahan dapat dilakukan dengan maksimal. Meski begitu, setiap kali pendistribusian bantuan yang dialokasikan oleh Kementerian Pertanian, pihaknya melakukan survey kesiapan lahan dan kesiapan petani agar bantuan tepat sasaran. (rfm)

Kategori :

Terkait

Jumat 19-08-2022,11:23 WIB

Kembangkan Hortikultura

Terpopuler