Persoalan Kesehatan Masih Menjadi Tantangan

Senin 15-08-2022,10:52 WIB
Reporter : Reka Fitriani
Editor : Andi Jamhari

RK ONLINE - Melakukan advokasi Gerakan Masyarakat Peduli Kesehatan (Germas), menurut Wakil Bupati Kepahiang, H. Zurdi Nata, S.Ip perlu terus dilaksanakan untuk mendorong kesehatan jadi kesadaran seluruh masyarakat. Dijelaskan, mengatasi persoalan kesehatan masih menjadi sebuah tantangan serius bagi Pemerintah Kabupaten Kepahiang.

Kini, ada triple burden atau tiga masalah kesehatan terkait pemberantasan penyakit. Meliputi penyakit infeksi, bertambahnya kasus penyakit tidak menular dan kemunculan kembali jenis penyakit yang seharusnya berhasil diatasi. Perubahan pola hidup masyarakat yang makin modern, dikatakan Wabup, menjadi salah sati dasar Germas dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan.

"Germas adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Germas ini juga harus diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih sehat dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat," jelas Wabup.

Selain menganjurkan masyarakat agar rutin berolahraga minimal 30 menit setiap hari, dikatakan Wabup, program ini memiliki beberapa fokus membangun akses untuk memenuhi kebutuhan air minum, instalasi kesehatan masyarakat dan pembangunan pemukiman yang layak huni. Lantaran ketiganya merupakan infrastruktur dasar yang menjadi pondasi dari gerakan masyarakat hidup sehat. "Selain olahraga, gerakan hidup sehat bisa dilaksanakan dengan memenuhi akses kebutuhan bagi masyarakat, seperti sanitasi dan lainnya," tutup Wabup. (rfm)

Kategori :

Terpopuler