SK 3 Desa

Kamis 04-08-2022,11:18 WIB
Reporter : Reka Fitriani
Editor : Andi Jamhari

RK ONLINE - Sebanyak 3 desa di Kabupaten Kepahiang sudah di SK-kan sebagai penerima bantuan program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) pada tahun ini. Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Perpusda) Kepahiang, Muktar Yatib, S.Pd melalui Kabid Layanan Perpustakaan Sadikin, S.Pd menjelaskan, syarat yang diusulkan sudah dinyatakan lengkap. Buktinya ketiga nama perpustakaan desa dipastikan mendapatkan bantuan dari program TPBIS. Hanya saja, lantaran hanya sebagai pengusul daripada programTPBIS, kata Sadikin Pemerintah Kabupaten sifatnya hanya menunggu. "Syaratnya sudah lengkap dan di SK-kan bahwa tiga desa ini akan menerima bantuan dari program TPBIS. Mungkin proses dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) yang belum selesai. Artinya, kita juga masih menunggu," sampai Sadikin.

Dia melanjutkan, program TPBIS bertujuan menciptakan masyarakat sejahtera. Dalam program ini perpustakaan bermanfaat bagi masyarakat melalui tigas hal. Pertama, perpustakaan menjelma menjadi ruang berbagi untuk masyarakat, baik ditingkat provinsi, kabupaten/kota, dan desa. Yang kedua, perpustakaan juga bertransformasi sebagai ruang belajar kontekstual sesuai dari kebutuhan masyarakat yang tentunya berbeda antara kebutuhan ruang belajar perpustakaan. Ketiga, perpustakaan bertransformasi adalah perpustakaan yang menjadi tempat berlath keterampilan kerja.

"Belum diketahui bentuk bantuannya seperti apa saja. Yang jelas dapat melengkapi sarana dan prasarana perpustakaan desa yang dijadikan piloct project tambahan programTPBIS. Yakni perpustakaan bertransformasi tidak hanya sebagai tempat membaca tapi untuk keterampilan kerja guna meningkatkan perekonomian masyarakat," demikian Sadikin. (rfm)

Kategori :

Terkait

Senin 28-11-2022,12:03 WIB

7 Desa Binaan jadi Pilot Project

Kamis 04-08-2022,11:18 WIB

SK 3 Desa

Terpopuler