Jalin Sinergisitas

Kamis 07-07-2022,11:25 WIB
Reporter : Reka Fitriani
Editor : Andi Jamhari

RK ONLINE - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kepahiang bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) berkomitmen untuk meningkatkan sinergi antar lembaga untuk memperkuat moderasi dan kerukunan umat beragama di Kabupaten Kepahiang. 

Kakan Kemenag Kabupaten Kepahiang, H. Lukman, S.Ag, MH berharap sinergisitas terus terjalin supaya tujuan dalam menguatkan moderasi beragama dan menjaga kerukunan umat beragama terwujud. Sebab itu dalam menjaga kerukunan umat, lanjut Lukman, memerlukan peran FKUB dan pemerintah daerah. Sehingga kerukunan tercipta, dipupuk serta dijaga. "Moderasi dan kerukunan umat beragama perlu ditingkatkan dalam menangani isu kerukunan, menyasar generasi muda agar pemahaman tentang pentingnya kerukunan ini terbangun sejak ini," sampai Lukman.

Menurutnya, kebijakan pemerintah terkait membangun kerukunan umat beragama melalui gerakan moderasi beragama diharapkan dirawat serta dikuatkan kembali. Kekuatan yang terbangun tidak hanya akan mewujudkan kerukunan umat beragama tapi juga menciptakan keamanan dan kesejahteraan bersama. 

"Melalui sinergisitas Kemenag, FKUB dan pemerintah daerah dapat mewujudkan program memperkuat kerukunan umat beragama," kata Lukman.

Ada 4 indikator moderasi beragama. Pertama toleransi, kedua anti kekerasan, ketiga penerimaan terhadap tradisi, dan keempat komitmen kebangsaan. "Ya kalau keempat indikator moderasi beragama sudah ada pada masyarakat, kerukunan umat beragama di Kabupaten Kepahiang akan menjadi tolak ukur bagi daerah lain," pungkasnya. (rfm)

Tags : #sinergitas
Kategori :

Terkait

Kamis 07-07-2022,11:25 WIB

Jalin Sinergisitas

Terpopuler