Tertib Administrasi Melalui Gerakan Sadar Adminduk

Senin 20-06-2022,17:03 WIB
Reporter : editor23kepahiang1
Editor : editor23kepahiang1

RK ONLINE - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu, masih terus memaksimalkan pencatatan administrasi kependudukan. Bahkan dengan tujuan untuk meningkatkan tertib administrasi, Dukcapil Kabupaten Kepahiang memprogramkan Gerakan Sadar Adminduk. Mulai dari pembuatan identitas anak, KTP-El, sampai pembuatan kelengkapan administrasi lainnya seperti pindah domisili. 

Ini disampaikan Kabid Pelayanan Kependudukan, Oly Sitepeu, SH. Menurutnya, mencapai gerakan sadar Administrasi Kependudukan (Adminduk) ini menyasar seluruh kalangan. Dia berharap gerakan ini dapat meningkatkan perilaku tertib administrasi kependudukan dari lingkungan terkecil yaitu keluarga, dalam hal pemenuhan kepemilikan dokumen kependudukan yang diperlukan setiap penduduk. 

"Gerakan sadar administrasi kependudukan ini diharapkan, dapat mendukung pencapaian target kinerja dalam penerbitan dokumen kependudukan sesuai target nasional. Maka dari itu kita mengimbau agar masyarakat tertib administrasi kependudukan," ujar Oly.

Oly mengatakan, ada 4 hal yang menjadi fokus. Pertama, program sadar kepemilikan dokumen kependudukan. Di mana masyarakat berperan aktif secara sadar menurut dokumen kependudukannya sejak dini. Bahwa dokumen kependudukan memudahkan masyarakat dalam mengurus berbagai kepentingan yang berhubungan dengan kegiatan publik. Kedua, pemutahiran data kependudukan.

Di mana diharapkan penduduk, juga RT secara sadar melaporkan setiap perubahan peristiwa kependudukan atau peristiwa penting yang dialami penduduk. Seperti lahir, mati menikah atau pun berganti jenis pekerjaan serta berubah tingkat pendidikan. Ketiga, sadar pemanfaatan data kependudukan. 

 

"Keempat, sadar melayani administrasi kependudukan. Yakni peningkatan perilaku aparatur penyederhanaan mekanisme dan syarat pelayanan administrasi kependudukan inovasi-inovasi dan adanya pelayanan online dan terintegrasi," tutup Oly. 

 

 

Pewarta : Reka FItriani/Krn

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler