Tol Bengkulu-Taba Penanjung Segera Beroperasi

Tol Bengkulu-Taba Penanjung Segera Beroperasi

Pembangunan Tol Bengkulu-Lubuklinggau tahap I yang hanya sampai Taba Penanjung.--

RK ONLINE - Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung sepanjang 17,6 km akan segera dioperasikan tanpa tarif oleh PT. Hutama Karya (HK) selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

 

Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro mengatakan, pengoperasian jalan tol ini pihaknya sudah mengantongi Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor : 1482/KPTS/M/2022 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung.

 

"Sesuai arahan regulator, kami sudah siap mengoperasikan jalan tol ini sejak menerima Kepmen tersebut," paparnya, Kamis (1/12).

 

Ia menambahkan, untuk mendukung pengoperasiannya, pihak Hutama Karya telah menyiapkan fasilitas  personil yang akan bersiaga  di jalan tol. Personil siaga yang diturunkan tersebut yakni 10 personel yang terdiri dari petugas layanan operasi, paramedis dan petugas patroli jalan tol.

 

"Nantinya saat beroperasi jalan tol akan diberlakukan sistem one gate dengan melakukan satu kali tapping di gerbang tol Bengkulu di daerah Betungan," papar Koentjoro.

 

BACA JUGA:Inflasi Bulanan Naik 0,05 Persen

 

Lebih lanjut, penggratisan jalan tol ini nantinya sesuai arahan pemerintah. Sesuai aturan pengoperasian ruas jalan tol ini masih belum dikenakan tarif penggunaan selama masa sosialisasi berlangsung.  Walaupun belum bertarif, nantinya pengguna jalan tol masih diminta dan diwajibkan untuk menyiapkan kartu pembayaran elektronik atau kartu e-toll untuk lewat.

 

Sumber: